Pages

Tuesday 1 November 2016

Kewirausahaan - Perencanaan dan Pengendalian Keuangan

Perencanaan dan Pengendalian Keuangan


Banyak di antara pengajar di beberapa kegiatan mentoring usaha maupun sekolah calon pengusaha mengajarkan bahwa yang penting usaha di buka dulu, modal dipikir belakangan. Hal ini di satu sisi menguntungkan karena calon pengusaha bukan hanya berwacana atau sebatas membuat proposal usaha, namun usahanya langsung buka dan terjun dalam tantangan yang sesungguhnya, namun disisi lain menyisakan potensi bangkrut yang besar karena tidak punya perhitungan. Padahal,salah satu bahan pertimbangan seseorang untuk terjun secara penuh memulai usaha adalah kebutuhan modal usaha dan tidak ada rumusan pasti berapa modal yang di butuhkan untuk memulai usaha.

Perencanaan adalah pandangan ke depan untuk melihat tindakan apa yang seharusnya dilakukan agar dapat mewujudkan tujuan-tujuan tertentu. Sedangkan Pengendalian adalah melihat ke belakang, menentukan apa yang sebenarnya telah terjadi dan membandingkannya dengan hasil yang direncanakan sebelumnya. Perbandingan ini dapat digunakan untuk menyesuaikan anggaran (dana), yaitu melihat ke masa depan sekali lagi.

Beberapa langkah awal yang bisa dilakukan antara lain pisahkan antara uang pribadi dan uang untuk kegitatan usaha. Salah satu kesalahan yang paling umum di lakukan oleh pengusaha UKM pemula adalah mereka selalu mencampur uang usaha dengan uang pribadi. Mungkin karena usahanya masih kecil, mereka lantas berpikir tak masalah jika uang usaha di campur dengan uang pribadi. Maka yang akan terjadi, mereka sulit membedakan pengeluaran pribadi dan usaha. Dan akhirnya, kebutuhan pribadi sedikit demi sedikit akan mengurangi saldo usaha. Selanjutnya bisa dilakukan dengan membuat buku catatan keuangan, menghitung keuntungan dan perputaran arus kas,menyiapkan rencana pengembangan usaha dan dana darurat. 
 
Untuk lebih jelasnya, silahkan unduh materi kewirausahaan tentang perencanaan dan pengendalian keuangan (dalam bentuk ppt) dari link dibawah ini:

DOWNLOAD Kewirausahaan - Keuangan

0 komentar:

Post a Comment

 

Total Pageviews