Pages

Sunday 30 October 2016

AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

Materi minggu ini akan membahas AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG. Di perusahaan dagang metode pencatatannya dibagi menjadi dua bagian: PERIODIK dan PERPETUAL. Penjelasan materi akan dibagi menjadi tiga tahapan, dimana Tahap pertama hanya memberikan gambaran umum dan membahas seputar penjurnalan dengan tujuan untuk memahamkan mahasiswa terkait dengan aktivitas dan akun yang ada di perusahaan dagang untuk metode PERIODIK (yang tidak ada didalam perusahaan jasa), seperti misal: aktivitas pengembalian barang dagang atau retur baik untuk penjualan maupun pembelian, potongan penjualan/pembelian, uang muka pembelian, rabat dan termin (pemberian potongan harga dengan syarat tertentu). Tahap kedua akan membahas Metode Persediaan dan Biaya Angkut (Dengan metode PERPETUAL) dan Tahap Tiga adalah pembuatan laporan keuangan untuk perusahaan dagang.

Sesuai dengan namanya, perusahaan dagang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan. Kegiatan utamanya adalah menbeli barang dan menjual kembali kepada pelanggan tampa melakukan pengolahan atas barang yang dibeli. Kalaupun ada pengolahan, biasanya bukan merupakan komponen biaya yang signifikan untuk membentuk harga jual karena jumlah biayanya yang kecil, seperti pengemasan, pemberian warna ataupun penambahan aksesoris pada produk.

Dalam praktek akuntansi, yang membedakan pencatatan antara perusahaan dagang dengan perusahaan jasa adalah pada transaksi pembelian dan penjualan barang dagang, dimana transaksi ini tidak ditemukan pada perusahaan jasa. Dari segi pelaporan, perbedaan utama antara perusahaa dagang dan jasa terlihat pada laporan rugi laba. pada laporan rugi laba perusahaan dagang terdapat perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) yang tidak ditemukan pada laporan rugi laba perusahaan jasa.

Untuk lebih jelasnya silahkan download materi beserta contoh soal dan pembahasannya (dalam bentuk ppt) dibawah ini:
 

0 komentar:

Post a Comment

 

Total Pageviews