Pages

Friday 21 October 2016

Pengantar Akuntansi - Neraca Saldo dan Kertas Kerja




Neraca Saldo dan Kertas Kerja



Materi Pengantar Akuntansi minggu ini, akan membahas tentang Neraca Saldo, baik sebelum dan setelah penyesuaian dan penutupan, serta mereview sedikit terkait kertas kerja.

Neraca Saldo adalah suatu buku yang memiliki isi berupa daftar yang memaparkan kumpulan saldo berasal dari data yang dimiliki oleh setiap rekening atau akun yang berasal dari Neraca, Laporan Perubahan Modal dan Laporan Laba Rugi. Setelah neraca saldo dibuat, biasanya pada akhir tahun, akan dilihat apakah ada informasi tambahan terkait kejadian (transaksi) di dalam perusahaan yang perlu ditambahkan atau dikurangkan. Informasi tambahan inilah yang memerlukan jurnal penyesuaian, walaupun pada hakekatnya tidak semua akun memerlukan jurnal penyesuian.

Akun yang memerlukan jurnal penyesuaian hanyalah beban dan pendapatan, dimana kategori beban antara lain: beban penyusutan, beban yang masih harus dibayar (hutang), beban perlengkapan (bahas habis pakai), beban dibayar dimuka (sewa, asuransi, dll), sedangkan pendapatan terdiri dari: piutang pendapatan (pendapatan yang masih harus diterima), pendapatan diterima dimuka dan piutang yang tak tertagih. Jika jurnal penyesuian telah selesai dikerjakan barulah akan dibuat neraca saldo setelah penyesuaian.

Setelahnya barulah akan dibuat jurnal penutupan dengan tujuan untuk menutup beberapa akun temporal (akun yang bersifat sementara). Akun yang memerlukan jurnal penutupan antara lain : Pendapatan, Beban, Laba Rugi dan Prive (Penarikan sejumlah uang oleh Pemilik), sehingga di awal tahun atau periode akuntansi berikutnya akun-akun tersebut nilai adalah NOL. Selain itu di materi ini juga akan dibahas tentang jurnal koreksi, yang mana terkadang dibutuhkan untuk memperbaiki pernjurnalan yang salah, baik dalam pengakuan akun ataupun penjumlahan.

Untuk lebih jelasnya silahkan unduh materinya (dalam bentuk ppt) dari link berikut ini:

0 komentar:

Post a Comment

 

Total Pageviews